Bahaya Listrik

BAHAYA LISTRIK

Foto bersama masyarakat

Listrik merupakan energi yg sangat bermanfaat bagi kehidupan. Hampir semua alat yg digunakan dalam keseharian kita menggunakan energi listrik. 

Namun tahukah anda bahwa listrik juga sangat berbahaya dalam penggunaan yg salah? PLN sebagai perusahaan yg mendistribusikan listrik selalu memasang pengaman dalam instalasi kelistrikannya namun hanya sebatas kewenangan PLN.

Mari Kita Kenali Listrik dan Bahayanya

Kewenangan PLN hanya sebatas jaringan s.d KWH Meter. Sedangkan Instalasi Listrik di dalam Rumah adalah milik Pelanggan. Listrik memang tidak berwarna, berwujud dan Berbau namun akibat yg ditimbulkannya dapat terlihat dan dirasakan. Sengatan Listrik dapat mengakibatkan Kejut/ Shock bahkan kritis hingga kematian.

Bagaimana cara terhindar dari bahaya sengatan Listrik?

Dalam Sosialisasi Bahaya Listrik yg dilaksanakan pada tanggal 27 agustus 2017 di Desa Cirea Kec.Mandirancan Kab.Kuningan yg diadakan oleh Kelompok 11 Mahasiswa KKM Universitas Muhammadiyah Cirebon bekerja sama dengan PT.PLN Rayon Haurgeulis Area Cirebon menjelaskan Tentang Potensi Bahaya Listrik Tegangan Rendah dan Tegangan Menengah.

Dijelaskan bahwa aspek potensi penyebab bahaya listrik utamanya adalah pembebanan yg berlebih. Seperti penggunaan stop kontak menumpuk dengan banyak steker. Penggunaan material instalasi listrik yg tidak SNI pun dapat menyebabkan bahaya listrik.

Solusi untuk pencegahan bahaya listrik didalam rumah adalah dengan menggunakan Listrik secara bijak. Pastikan Material Instalasi yg dipasang SNI dan tidak menumpuk stopkontak. Tidak menaru benda mudah terbakar dekat stop kontak seperti gas LPG, kertas, Kain Gorden dan lain lain.

Diluar dari Instalasi Rumah ada yg lebih berbahaya yaitu SUTM 20 KV. Yaitu jaringan Tegangan Menengah Milik PLN yg berada diatas permukaan tanah dengan bertumpuh pada tiang Listrik dengan tegangan 20.000 Volt.

Apabila terjadi gangguan pada jaringan 20KV maka otomatis gardu yg mensuply ke rumah pelanggan akan turut padam. Namun tahukah anda apa saja yg dapat menyebabkan gangguan pada SUTM 20 KV?

1. Pohon yg menyentuh jaringan 20 KV yg berpenampang terbuka. (Kawat)
2. Layang Layang
3. Binatang
4. Imbas Surja Petir
Dll

Namun diluar itu harus dipastikan tidak ada orang yg tersengat Listrik. Maka
1. Jangan Melakukan pekerjaan dibawah jaringan SUTM
2. Jangan menebang pohon yg berada dekat jaringan listrik sendiri
3. Tidak bermain layang layang dekat jaringan listrik
4. Awasi anak anak saat bermain dekat jaringan listrik.

Dlll


Apabila butuh pengamanan segera hubungi PLN setempat dengan menghubungin Contak Center PLN 123. PLN akan segera melakukan pengamanan terhadap area yg berbahaya, dan melakukan sosialisasi terhadap warga sekitar (Bebas Biaya). Silahkan telp menggunakan HP ke 022-123 atau telpon langsung dg telpon rumah ke 123.

Listrik bermanfaat bagi kita semua. Jangan ragu untuk hubungin PLN.

Contak Center 123

Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment